Selasa, 27 Desember 2011

Home > Microsoft Excel > Fungsi IF dalam Excel

Fungsi IF dalam Excel

Banyak pembaca yang menanyakan fungsi IF. Saya belumlah mahir dalam Excel, namun mari kita belajar Fungsi IF dari awal.
Syntax dari Fungsi IF  ini adalah :
IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
Maka dengan menggunakan Fungsi IF, kita memberikan :
  • suatu kondisi yang diuji(logical test) oleh Excel, lalu
  • jika kondisi itu terpenuhi maka lakukan A,
  • jika tidak terpenuhi maka lakukan B.
Contoh 1 :

Anda harus mengisi kolom Kategori.
Logical testnya adalah :
jika Biaya < atau = 120,000 maka Kategori=Within Budget
jika Biaya > 120,000 maka Kategori=Over Budget
Maka gunakan Fungsi If untuk mengisi kolom Kategori (mulai cell B2) :
=IF(A2<=120000,”Within Budget”,”Over Budget”)
Perhatikan : within budget dan over budget harus didalam tanda kutip karena merupakan teks dan   bukan numerik/angka.
contoh 2 :

Anda harus mengisi kolom Komisi.
Logical testnya :
jika Sales <500,000 maka Komisi=1% dari Sales
jika Sales  >= 500,000 dan <=1,000,000 maka Komisi=2% dari Sales
jika Sales >1,000,000 maka Komisi=3% dari Sales
Maka Fungsi IF di cell C3 adalah :
  =IF(B3>=500000,IF(B3<=1000000,2%,3%),1%)*B3
Di sini saya menggunakan 2 Fungsi IF dalam satu formula/rumus. Logika saya adalah :
cek B3 (sales) apakah >= 500,000, IF(B3>=500000
……….. jika ya maka cek lagi B3 <=1,000,000, jika ya maka 2%    IF(B3<=1000000,2%,3%)
……….. jika tidak maka 3%
jika tidak maka 1%.   ,1%)
lalu hasil yang saya dapatkan dari Fungsi IF saya kalikan B3 (sales) untuk mendapatkan komisi. *B3
Anda harus mencoba sendiri untuk mengerti dengan jelas.
contoh 3 :
Bisakah Fungsi IF digabungkan dengan fungsi lain? Bisa saja, contohnya Fungsi IF digabung dengan Fungsi AND. Dengan soal yang sama dengan contoh 2 di atas, rumus di cell C3 bisa juga ditulis dengan menggunakan Fungsi AND seperti ini :
=IF(B3<500000,1%,IF(AND(B3>=500000,B3<=1000000),2%,3%))*B3
Rumus di atas dibuat dengan logika persis mengikuti logical testnya. Silakan direnungkan :D

 

Menghitung Selisih Antara Dua Tanggal

November 28th, 2011 No comments
Bagaimana cara menghitung jangka waktu seseorang sudah bekerja di sebuah perusahaan?
Berarti kita harus menghitung selisih antara tanggal dia masuk kerja dengan tanggal dia keluar kerja. Fungsi Excel yang dipakai adalah fungsi DATEDIF. Fungsi DATEDIF tidak muncul jika kita menekan F1 (HELP), tidak tahu kenapa.
Syntax fungsi DATEDIF adalah =DATEDIF(tanggal masuk, tanggal keluar, interval). Read more…

Membuat Soal Pilihan Berganda dengan Word

November 24th, 2011 No comments
Saya merasa anak sekolah sekarang kurang latihan, terutama matematika dan bahasa Indonesia. Dua mata pelajaran yang memang perlu banyak latihan supaya mengerti dan lancar. Pihak sekolah jarang memberi PR, tidak tahu kenapa.
Ya sudah, saya buat saja sendiri soal-soal latihannya.
Untuk membuat soal pilihan berganda, saya menggunakan Microsoft Word. Jika Anda juga berniat membuat soal pilihan berganda, mungkin cara saya berguna. Saya membuat soal pilihan berganda dengan cara demikian :
Read more…
Categories: Microsoft Word Tags:

Fungsi IF dalam Excel

October 12th, 2011 No comments
Banyak pembaca yang menanyakan fungsi IF. Saya belumlah mahir dalam Excel, namun mari kita belajar Fungsi IF dari awal.
Syntax dari Fungsi IF  ini adalah :
IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
Maka dengan menggunakan Fungsi IF, kita memberikan :
  • suatu kondisi yang diuji(logical test) oleh Excel, lalu
  • jika kondisi itu terpenuhi maka lakukan A,
  • jika tidak terpenuhi maka lakukan B. Read more…
Categories: Microsoft Excel Tags:

Perjelas Informasi Excel Anda dengan Conditional Formatting

October 12th, 2011 No comments
Excel telah menyediakan tool Conditional Formatting di ribbon Home. Tool ini sangat berguna untuk memperjelas data-data yang kita punya sehingga menghasilkan informasi yang mudah dibaca.
Mari lihat contoh :
Saya memiliki data para sales saya beserta hasil penjualan mereka dan target penjualan yang telah ditetapkan. Untuk melihat apakah setiap sales person memenuhi  target atau tidak, saya tinggal membandingkan (mencari selisih) antara target sales dengan actual sales. Hasilnya saya simpan di kolom Selisih. Kolom Selisih hanya menampilkan selisih penjualan dalam angka. Jika data saya banyak, saya akan pusing melihatnya  dan tidak mudah menemukan informasi yang saya cari. Karena itu, saya memakai tool Conditional Formatting. Read more…

Menghitung IPK dengan Fungsi SUMPRODUCT

October 6th, 2011 No comments
Langsung saja kita pelajari penggunaan fungsi SUMPRODUCT dengan contoh seperti di gambar. Dalam contoh, saya ingin menghitung besarnya IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) seorang mahasiswa.

Read more…

Menghitung Indeks Massa Tubuh lewat Excel

October 5th, 2011 No comments
Iseng-iseng menghitung Indeks Massa Tubuh lewat Excel. Indeks Massa Tubuh berguna untuk mengetahui apakah kita terlalu kurus atau gemuk. Yah, lumayan lah sebagai patokan saja.
Silakan isi tinggi badan dan berat badan Anda. Setelah itu Excel akan menghitung dan menampilkan berapa Indeks Massa Tubuh Anda dan kategori Anda berdasarkan tabel di bawahnya. Read more…
Categories: Microsoft Excel Tags:

Free Sample Anggaran Bulanan

September 26th, 2011 No comments
Berikut adalah sebuah sampel anggaran bulanan bagi perorangan yang dibuat memakai Excel 2010 (akhirnya …). Pos-pos pengeluaran dibuat terpisah-pisah agar lebih jelas. Setiap pos dibuat tiga kolom yaitu : perkiraan, aktual, dan selisih keduanya supaya kita bisa melihat pada pos mana terdapat pembengkakan. Dan di akhir anggaran, saya membuat total pendapatan versus total pengeluaran untuk mengetahui saldo terakhir. Serta grafik kecil yang menunjukkan porsi terbesar pengeluaran kita untuk apa. Read more…
Categories: Microsoft Excel Tags:

Make Over Header Laporan pada Excel

September 22nd, 2011 No comments
Bosan dengan tampilan header laporan biasa-biasa saja?

Yuk, mari kita make over !!
Read more…
Categories: Microsoft Excel Tags:

End Mode – Mengintip Kolom dan Baris Terakhir Worksheet Excel

September 20th, 2011 No comments
Pernahkah Anda mengisi data dalam sebuah worksheet sampai seluruh worksheet penuh? Seluruh kolom yang ada terisi dan seluruh baris yang tersedia pun terisi?
Tahukah Anda kolom paling kanan di Excel? Tahukah Anda baris paling bawah di Excel?
Di artikel sebelumnya saya pernah menulis ukuran worksheet Excel (yang saya pakai Excel 2007) adalah 1,048,576 baris kali 16,384 kolom. Nah, untuk mengetahui kolom terkanan dan baris terbawah, ada caranya. Read more…
Categories: Microsoft Excel Tags: ,

Pengenalan Excel – Cell, Range, Kolom, dan Baris

September 12th, 2011 No comments
Mengenal cell, range, kolom, dan baris dalam Excel adalah sangat penting bagi pemula pengguna Excel. Untuk mudahnya, langsung kita lihat gambar berikut :

Worksheet Excel dibentuk oleh kolom-kolom dan baris-baris. Kolom berbentuk vertical ke bawah seperti ditunjukkan oleh warna biru di gambar di atas. Kolom dalam Excel dinamai dengan huruf A, B, C, dst.
Sedangkan baris (ditunjukkan dengan warna krem) berbentuk horizontal dan dinamai dengan angka, mulai angka 1,2,3, dst. Menurut Excel, sebuah worksheet maksimal berukuran 1,048,576 baris kali 16,384 kolom. Wow!!! Read more…
Categories: Microsoft Excel Tags: , ,
 

Pengenalan Excel – Workbook dan Worksheet

September 12th, 2011 No comments
Saat pertama kali membuka aplikasi Microsoft Excel, Anda akan mendapatkan sebuah Workbook Excel. Nah, dalam sebuah Workbook terdapat satu/lebih Worksheet. Anggaplah Workbook itu sebuah buku maka Worksheet adalah halaman-halamannya. Jika Anda selesai bekerja dengan Excel dan menyimpan (Save) pekerjaan Anda, perhatikan bahwa pekerjaan Anda itu (secara default) akan disimpan dalam bentuk Workbook Excel. Jadi suatu file Excel adalah suatu Workbook Excel. Ok?
Saat pertama kali membuka Workbook/file baru, secara default, Excel memberikan tiga lembar Worksheet untuk Anda, yaitu Sheet1, Sheet2, Sheet3. Anda tinggal melihat ke sudut kiri bawah layar Excel untuk melihat Worksheet tersebut. Nah, di sana ada tiga Tab Worksheet. Ada? Read more…

Menggunakan Format Percentage

September 12th, 2011 No comments
Suatu kali, saya harus memasukkan data berupa persen/percentage (%). Jika saya memasukkan data numerik dulu baru kemudian mem-format cell dalam bentuk percentage maka data numerik tadi akan otomatis dikalikan 100% oleh Excel. Jadi jika saya mengetikkan angka 10, lalu Format Percentage,  maka Excel akan langsung mengubahnya menjadi 1000% padahal maksud saya adalah 10%. Bagaimana cara memasukkan data dalam format percentage yang benar?
Lihat contoh berikut :
Read more…
Categories: Microsoft Excel Tags:

Teknik Pembulatan (Round) dalam Excel

September 12th, 2011 No comments
Dalam Excel (dan secara umum, saya kira), aturan pembulatan yang berlaku adalah jika angka >= 5 maka dibulatkan ke atas, sedangkan angka <5 dibulatkan ke bawah. Pembulatan dalam Excel dapat dilakukan melalui fungsi berikut :
=ROUND(number, num_digits) –> pembulatan biasa menurut aturan Excel di atas.
=ROUNDDOWN(number, num_digits) –> pembulatan ke bawah.
=ROUNDUP(number, num_digits) –> pembulatan ke atas.
Number = angka yang akan dibulatkan, boleh juga berupa nama cell.
Num_digits = pembulatan ke berapa angka di belakang/depan koma.
Mari kita lihat contoh berikut :
Read more…
Categories: Microsoft Excel Tags:

Mengimport Data Teks dan Fungsi Teks dalam Excel

August 19th, 2011 No comments
Pernahkah Anda mendapatkan data teks dalam format .txt dan harus mengolahnya di Excel? Wah, memang sedikit ribet tapi bisa kok. Caranya seperti ini:
1. Buka Excel.
2. Klik (Open) atau tekan Ctrl O untuk membuka file upah tukang bangunan.txt yang saya punya.
3. Excel akan mengeluarkan Import Teks Wizard dialog box seperti ini : Read more…

Menerapkan Berbagai Scenario dengan What-If Analysis

August 18th, 2011 No comments
Seringkali, kita memiliki sekumpulan data lalu kita ingin tahu apa hasilnya jika salah satu atau lebih data berubah nilainya. Hal itu kita namakan scenario. Walaupun kita bisa menggunakan banyak kolom untuk menginput berbagai scenario, namun Excel telah menyediakan fasilitas What-If Analysis. Dengan What-If Analysis ini, kita dapat menggunakan berbagai scenario untuk meramalkan hasil dari perubahan data-data yang kita punya. Anda dapat membuat dan menyimpan nilai-nilai kelompok yang berbeda pada worksheet dan kemudian beralih ke salah satu skenario baru untuk melihat hasil yang berbeda.
Mari kita lihat contohnya. Read more…
Categories: Microsoft Excel Tags:

Tips Memasukkan Rumus Excel

August 15th, 2011 No comments
Ada beberapa tips yang perlu Anda tahu mengenai rumus/fungsi Excel.
Cara memasukkan sebuah fungsi/rumus Excel ke dalam suatu sel :
1. Letakkan pointer pada sel.
2. Tekan tanda sama dengan(=), lalu nama fungsi yang digunakan (nama fungsi boleh huruf besar atau kecil), dan tanda kurung buka (.
Contoh : =DATE( Read more…

Menentukan Dana Pendidikan Anak dengan Fungsi PMT

August 15th, 2011 No comments
Tetangga saya baru saja memasukkan anaknya ke SMP swasta. Ternyata uang pangkalnya sama dengan harga satu motor. Wow!
Kalau begitu saya harus siap-siap menabung nih supaya dana pendidikan anak saya nanti sudah siap. Berapa yah besar tabungan per bulannya? Ayo, kita pakai Excel untuk membantu.
Dalam dua tahun ke depan, saya harus memasukkan anak saya ke SMP dan butuh dana sekitar 12.000.000 rupiah. Asumsi : bunga bank untuk tabungan adalah 4%. Read more…
Categories: Microsoft Excel Tags: ,

Untung Rugi Tabungan Berjangka dengan Fungsi FV

August 11th, 2011 No comments
Study kasus yang akan saya gunakan dalam contoh penggunaan fungsi future value adalah perhitungan bunga tabungan bank karena saya barusan  dari bank dan ditawari ikutan suatu program menabung di bank itu dengan iming2 mendapatkan Galaxy 550. Lumayan juga nih …..
Berikut keterangan dari customer servicenya.
Setor saja per bulan sebesar 317,843 rupiah selama 10 tahun. Nanti setelah 10 tahun, saya akan mendapatkan 45,000,000 rupiah, dengan asumsi tingkat bunga 4%. Read more…
Categories: Microsoft Excel Tags: ,

Pengenalan Beberapa Fungsi Atau Rumus Microsoft Excel

August 11th, 2011 36 comments
Microsoft Excel sangat berguna untuk mengolah data. Pengolahan data bisa dilakukan dengan memakai rumus Excel yang relevan. Rumus Excel atau fungsi microsoft Excel adalah persamaan yang dapat melakukan perhitungan, meminta kembali informasi, memanipulasi isi sel lain, melakukan kondisi pengujian, dan banyak lagi.  Pengetikan rumus Excel selalu diawali dengan tanda sama dengan (=). Read more…

1 komentar:

  1. Mohon bimbingannya, saya ada kasus sprt ini mas iwan misalkan
    target sales motor tiap bulannya 10 unit, otomatis klu sales bs jual 10 unit kan dpt100%, tapi batas max 120% yaitu 12 motor, misalkan klu bisa jual 15 unit mtr pun ttp 120% krn nilai max 120%, dan klu dibawah 120% itu secara otomatis sesuai persentase bgmn menuliskan rumusnya ? terima kasih

    BalasHapus